Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / 2 Massa Kubu Capres-cawapres Gelar Aksi Damai di Bundaran HI

2 Massa Kubu Capres-cawapres Gelar Aksi Damai di Bundaran HI

Jakarta – 2 kubu pendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK menggelar aksi damai dan teaterikal di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta. Aksi tersebut agar kedua kubu tetap damai siapapun pemenang Pilpres 2014.Pantauan  Senin (21/7/2014), sebelum aksi dimulai dan berkumpul di Bundaran HI, massa kedua kubu yang berjumlah sekitar 70 orang itu lebih dulu melakukan long march dari Taman Menteng, Jakarta Pusat dengan membawa atribut masing-masing calon. Sambil berjalan, massa masing-masing pasangan calon menyanyikan lagu-lagu dan yel-yel dukungan kepada jagoannya masing-masing.

Setibanya di Bundaran HI, kedua massa yang‎ kebanyakan adalah warga yang berasal dari kecamatan Menteng ini menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya dan Padamu Negeri. Setelah itu, kedua massa pendukung saling berbarisan sambil meneriakan yel-yel sekaligus mendendangkan lagu mars masing-masing pasangan.

Massa dari kubu Prabowo tampak menyanyikan lagi Garuda di Dadaku yang diaransemen menjadi lagu dukungan untuk Prabowo-Hatta. Sedangkan massa Jokowi-JK dengan semangat menyanyikan lagi salam 2 jari yang dipopulerkan grup band Slank.

Setelah puas menyanyikan lagu kemenangan masing-masing, kedua kubu kemudian bersatu dan melakukan aksi teaterikal. Aksi teater yang digelar oleh belasan pendukung kedua kubu itu menggambarkan kedua massa dari masing-masing kubu saling berhadapan layaknya orang akan berperang pascamenerima pengumuman hasil rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).  Namun di tengah lapangan, mereka tiba-tiba saling bersalaman dan berpelukan.

Koordinator massa dari kubu Jokowi, Iwan Siswo menjelaskan, aksi damai ini digagas masyarakat Menteng yang mendukung Jokowi dan Prabowo sebagai Capres 2014. ‎Menurut Iwan, 2 kubu massa menginginkan agar situasi saat ini yang masih menunggu hasil rekapitulasi KPU itu berlangsung damai dan tidak terjadi di kalangan warga, khususnya bagi warga Jakarta.

“Sejatinya pemilu ini adalah pesta rakyat, jadi semua harus senang dan tidak saling bermusuhan,” ujar Iwan.

Iwan pun berharap, pihak yang kalah dapat menerima kemenangan pasangan capres-cawapres pemenang Pilpres. ‎Dia yakin, dengan mengedepankan sportivitas, pesta demokrasi tahun ini tidak menimbulkan ketakutan dan keresahan masyarakat.

Sementara itu, Koordinator massa dari kubu Prabowo Adil Yohanes menyampaikan, seluruh elemen pemuda di kawasan Menteng menghendaki situasi selama rekapitulasi pemilu berlangsung aman dan damai. Karena itu, aksi damai yang digelar ini diharapkan dapat membuka wawasan massa pendukung kedua pasangan Capres agar bersikap sebagaimana mestinya.

“Siapapun presiden terpilih nanti, harus kita dukung. Intinya ketika perhelatan Pilpres selesai, langkah selanjutnya adalah kembali membangun Negeri ini dengan kemampuan yang kita miliki,” tandasnya. – See more at: http://indonesia-baru.liputan6.com/read/2081098/2-massa-kubu-capres-cawapres-gelar-aksi-damai-di-bundaran-hi#sthash.Dq9n3hod.dpuf

Comments are disabled
Rate this article